Ide

Hari pertama siaran, aku dilatih untuk menciptakan percakapan. Pelatihku akan memilih satu barang, dan aku diminta untuk berbicara tentang barang itu. Aku ingat, barang itu adalah kaset. Pada waktu aku pindah ke radio lain, aku mendapat kesempatan untuk dilatih kembali. Latihan yang hampir mirip ternyata diulang disitu. Kali ini, pelatih tersebut akan mengatakan tentang satu hal, dan kami diminta untuk berbicara tentang itu selama satu menit, secara bergantian. Tampak sangat sebentar. Satu menit saja. Tapi, percayalah, tidak sedikit diantara kami yang gagal. Tiba-tiba berhenti karena kehabisan ide, atau malah beralih topik. Waktu itu, aku diminta berbicara tentang perawatan rambut. Mudah sekali!

Latihan itu membuat aku tidak pernah kehabisan bahan selama siaran. Apapun yang aku lihat selama perjalanan menuju ruang siaran, atau selama berada di ruang siaran bisa menjadi bahan. Mungkin, aku memang pada dasarnya cerewet ya?

Aku berpikir, demikian juga dengan menulis. Bisa dan harus dilatih. Aku sedang berpikir untuk mencoba metoda yang dipakai pada waktu berlatih siaran. Untuk menulis apapun yang aku lihat, aku rasa, aku temukan di hari itu. Ada banyak hal yang bisa ditulis.

Niatnya memang seperti itu, tapi prakteknya sulit dilakukan. Karena itu, aku selalu punya buku tulis di samping tempat tidur, karena terkadang ada ide yang keluar waktu melamun di tempat tidur, sebelum tidur atau waktu terbangun di tengah malam.

Paling tidak enak, kalau ide keluar ketika sedang menyetir. Nah loh! Bagaimana caranya? Aku kan tidak mungkin menulis sambil mengemudikan kendaraan. Paling mudah, merekam apa yang mau aku tulis. Ada banyak alat rekam yang sekaligus juga pemutar lagu-lagu dengan format mp3 yang bisa dibawa kemana-mana, tapi alat milikku lebih sering habis batere. Cara lain adalah dengan langsung menuliskan ide tersebut begitu ada kesempatan. Ini lebih sulit, karena perjalanan di Jakarta bisa sangat makan waktu.

Semua ini adalah teori menurut aku, tapi prakteknya?

Aku sendiri masih harus melakukan apa yang aku tulis disini, kan?

Leave a comment

Filed under Dari Kelas

Leave a Reply

